Itinerary Seru 14 Hari Liburan Sepuasnya di Hokkaido Saat Musim Dingin – Februari

Hokkaido tuh pilihan oke banget buat liburan musim dingin di Jepang. Di sini seru banget, bisa nyobain aktivitas keren kayak ski, jalan pake sepatu salju, naik snowmobile, pokoknya banyaaak banget. Ngabisin dua minggu di Hokkaido pas musim dingin, bisa jadi tantangan seru nih, apalagi kalau kamu belum pernah ke sana sebelumnya dan pengen liburan sendiri atau sama keluarga.

Nah, rencana liburan 14 hari ini bakal bantuin kamu pilih-pilih tempat yang mau dikunjungin dan di mana nyaman buat nginep. Yang paling asik, ada juga info tentang festival dan aktivitas keren yang wajib dicoba pas bulan Februari.

Hokkaido emang gak kekurangan keindahan alam. Pemandangan musim dinginnya tuh luar biasa, beneran bikin mata melek! Dan pas musim dingin, tempat ini jadi salah satu spot paling hits buat dikunjungin di dunia. Jadi, siap-siap deh buat liat apa yang bakal bikin kamu ternganga hari ini.

2 minggu sih jelas belum cukup buat ngerasain semua keajaiban musim dingin di Hokkaido. Tapi ya, walaupun gitu, kalau cuma waktu segitu yang kamu punya, tetep bisa banyak kok hal seru yang bakal bikin liburanmu nggak terlupakan. Catet ya, rencananya pas kamu mulai liburan dari awal Februari.

Hari ke 1 – Welcome to Hokkaido

Salah satu cara terbaik buat nyampe ke kota Sapporo adalah naik kereta Rapid Airport. Ini adalah layanan kereta tercepat antara Bandara New Chitose dan Sapporo. Keretanya beroperasi kira-kira setiap 12 menit pas siang hari.

Naik kereta ini dan kamu bakal nyampe di Sapporo dalam waktu 35 menit. Karena banyak turis yang dateng ke Hokkaido pas musim dingin, hotel di Sapporo suka punya harga mahal. Kami saranin buat pesen hotel lebih awal; jadi kamu bisa ngindarin bayar mahal buat nginep.

Hotel ini ada di deket Menara TV ikonik Sapporo di Taman Odori. Lokasi hotelnya memudahkan kamu buat jalan-jalan ke taman dan Stasiun JR Sapporo dengan jalan kaki.

Untuk hari ini, kamu bisa santai dan nikmatin waktu luang. Tapi kalau ada waktu lebih buat jalan-jalan, mampir ke Taman Odori dan nikmati pemandangan lampu musim dingin yang cantik di sana.

Hari ke 2 – Seharian di Kota Salju Sapporo

Gimana sih asyiknya ngabisin satu hari di Sapporo pas musim dingin? Kota ini punya segudang hal buat ditawarin, makanya dianggep salah satu destinasi terbaik sepanjang tahun di Jepang.

Kalau kamu lagi bingung mau ngapain di Sapporo pas bulan Februari, yang paling pertama terlintas pasti Festival Salju Sapporo yang terkenal. Setiap tahun, festival ini diadain awal Februari di Taman Odori.

Itinerary sehari di Sapporo ini bakal ngebimbing kamu ke tempat-tempat keren yang patut dikunjungin dan pengalaman-pengalaman seru, termasuk tempat makan enak di kota ini. Ikutin aja itinerary yang disarankan, aku yakin kamu bakal seneng bisa ngerasain semua aktivitas itu dalam sehari.

Liburanmu ke Hokkaido bakal jadi lebih nyaman kalau kamu tahu baju apa yang sebaiknya dipakai pas musim dingin. Baca informasinya buat tau jenis baju dan sepatu apa yang sebaiknya dipakai.

Hari ke 3 – Kunjungi Museum Hokkaido dan Desa Bersejarah Hokkaido

Nih, kunjungan ke museum di Hokkaido bisa jadi kegiatan seru sekaligus mendidik, loh. Kalau kamu mau tahu lebih banyak tentang sejarah, alam, dan budaya Hokkaido, wajib deh mampir ke Museum Hokkaido dan Desa Bersejarah Hokkaido – yang mana ini museum di luar ruangan, lho.

Harap dicatat ya, Museum Hokkaido itu sekitar 10 menit jalan kaki dari Desa Bersejarah Hokkaido. Kamu bisa nyampe ke tempat-tempat ini dari pusat kota Sapporo naik bis, cek jadwal bisnya di sini.

Nah, pertama-tama turun di Museum Hokkaido, terus habiskan waktu berjam-jam jalan-jalan di museum ini. Di sana ada pameran-pameran, acara-acara edukatif, dan aktivitas seru. Di sini kamu bisa dapet kesempatan buat tahu cerita panjang sejarah Hokkaido yang udah 1,2 juta tahun, juga tentang budaya Ainu dan cara hidup mereka.

Kalo kamu butuh sewa mobil di Hokkaido kami juga sediain jasa nya

Di sisi lain, museum di luar ruangan ini menyorot bangunan-bangunan bersejarah yang mewakili sejarah Hokkaido dari zaman Meiji hingga awal zaman Showa. Bangunan-bangunan ini tersebar di empat bagian museum: kota, desa pertanian, desa nelayan, dan desa pegunungan.

Pastinya bakal butuh waktu buat jelajahi setiap bagian, dan tentu aja banyak hal yang bisa kamu lihat! Nggak pernah tahu apa yang bakal kamu temuin sampai kamu kesana.

Aku bisa jamin, di bulan Februari kamu bakal liat banyak salju di sekitar area museum. Kamu juga bisa naik kereta kuda untuk pengalaman musim dingin yang unik.

Hari ke 4 – Snowshoeing di Moerenuma Park/Jozankei

Kamu suka jadi pendaki sepatu salju? Pernah coba aktivitas musim dingin ini sebelumnya?

Kalau kamu bukan tipe yang suka ski, nah, sepatu salju bisa jadi alasan seru buat liburan ke Hokkaido pas musim dingin. Sebenarnya, ini tentang jalan-jalan di atas salju! Awalnya mungkin agak susah, tapi begitu udah terbiasa, pasti bakal seru banget.

Kamu gak perlu ke Niseko buat nikmatin aktivitas musim dingin yang asik ini. Taman Moerenuma di Sapporo tuh tempat yang oke buat nyoba sepatu salju, di sini kamu bisa eksplorasi pemandangan musim dingin yang cantik banget. Cek aja tur yang ada panduannya dan liat apakah cocok buat kamu.

Atau, alternatifnya, kamu bisa habisin sehari di Jozankei buat tujuan yang sama. Bedanya, di sini kamu gak akan dikasih panduan, tapi harus explore sendiri hutan yang bersalju dan beku, dan rasain atmosfir yang tenang. Buat info lebih lanjut tentang programnya, bisa cek di sini.

Jozankei itu bisa jadi perjalanan seru dari Sapporo, terkenal dengan air panasnya – jadi setelah sepatu saljuan, kenapa gak coba rendam badan di salah satu pemandian onsennya?

Hari ke 5 – Sapporo ke Abashiri (Menggunakan Hokkaido Rail Pass: Day 1)

Di musim dingin, Abashiri itu beku, indah, dan salah satu destinasi musim dingin paling spektakuler di Hokkaido. Kalau nonton gumpalan es dari kapal penerobos es jadi salah satu impianmu, Abashiri adalah tempat yang pas buat dikunjungi.

Dari Sapporo ke Abashiri itu perjalanan panjang naik kereta. Paling baik kalau kamu naik kereta pagi-pagi yang langsung berangkat dari Stasiun JR Sapporo ke Stasiun JR Abashiri lewat Asahikawa. Biar ongkos perjalanan keretamu di seluruh Hokkaido lebih hemat, pakai Hokkaido Rail Pass-mu mulai dari hari ini.

Perjalanan keretanya bakal seru banget, kamu bisa liat pemandangan musim dingin paling indah dari alam asli Hokkaido.

Nah, nginep deh di hotel ini di Abashiri, deket banget sama Stasiun Abashiri dan Kapal Penerobos Es.

Setelah proses check-in hotel selesai, kamu bisa langsung mampir ke Museum Penjara Abashiri. Ini adalah penjara tertua dan paling terkenal di Jepang – dibangun tahun 1890. Narapidana penjara ini dipaksa bangun jalan utama antara Abashiri dan Asahikawa. Jelas banget mereka dipaksa buat ikut andil dalam perkembangan awal Hokkaido.

Di sini kamu gak cuma bisa belajar sejarah penjara, tapi juga nyobain makanan di Kafetaria Kangoku. Coba makanannya dan kasih tahu kami enak atau nggak, ya.

Di musim dingin, Abashiri itu beku, indah, dan salah satu destinasi musim dingin paling spektakuler di Hokkaido. Kalau nonton gumpalan es dari kapal penerobos es jadi salah satu impianmu, Abashiri adalah tempat yang pas buat dikunjungi.

Dari Sapporo ke Abashiri itu perjalanan panjang naik kereta. Paling baik kalau kamu naik kereta pagi-pagi yang langsung berangkat dari Stasiun JR Sapporo ke Stasiun JR Abashiri lewat Asahikawa. Biar ongkos perjalanan keretamu di seluruh Hokkaido lebih hemat, pakai Hokkaido Rail Pass-mu mulai dari hari ini.

Perjalanan keretanya bakal seru banget, kamu bisa liat pemandangan musim dingin paling indah dari alam asli Hokkaido.

Nah, nginep deh di hotel ini di Abashiri, deket banget sama Stasiun Abashiri dan Kapal Penerobos Es.

Setelah proses check-in hotel selesai, kamu bisa langsung mampir ke Museum Penjara Abashiri. Ini adalah penjara tertua dan paling terkenal di Jepang – dibangun tahun 1890. Narapidana penjara ini dipaksa bangun jalan utama antara Abashiri dan Asahikawa. Jelas banget mereka dipaksa buat ikut andil dalam perkembangan awal Hokkaido.

Di sini kamu gak cuma bisa belajar sejarah penjara, tapi juga nyobain makanan di Kafetaria Kangoku. Coba makanannya dan kasih tahu kami enak atau nggak, ya.

Hari ke 6 – Drift Ice di Abashiri (Hokkaido Rail Pass: Day 2)

Gumpalan es nggak bisa dilihat sepanjang tahun; juga kapal penerobos es beroperasi dalam jangka waktu tertentu, biasanya mulai pertengahan Januari sampai akhir Maret setiap tahun. Sayangnya, para wisatawan yang berencana liburan ke Hokkaido di bulan Desember atau awal Januari akan ketinggalan pengalaman menakjubkan ini.

Gumpalan es yang kamu lihat di Abashiri berlayar jauh dari pantai utara Laut Okhotsk sampai pantai Timur Hokkaido. Nikmati pemandangan musim dingin yang spektakuler, dan siapa tahu kalau beruntung, bisa lihat anjing laut dan elang ekor putih.

Cek halaman ini buat jadwal dan harga tiket Kapal Penerobos Es Aurora.

Setelah ekspedisi gumpalan es berakhir, naik kereta ke Asahikawa. Dan malam ini, nginep deh di hotel ini di Asahikawa.

Hari ke 7 – Menghabiskan Hari di Asahikawa (Hokkaido Rail Pass Day 3)

Dengan patung salju raksasa (dibikin kayak panggung) dan patung es yang memukau, gak heran kalau Festival Musim Dingin Asahikawa jadi festival salju terbesar kedua di Hokkaido. Diadakan di dua area berbeda – Asahibashi dan Heiwadori.

Patung salju terbesar bisa kamu temuin di area Asahibashi. Di sisi lain, kompetisi patung es diadain di Heiwadori. Pas malam, patung-patung es itu diterangi lampu, jadi kamu bisa nikmatin suasana perayaan yang beda.

Hari dimulai dengan mampir ke Kebun Binatang Asahiyama. Kamu bisa nyampe ke kebun binatang ini naik bis. Jangan sampai ketinggalan liat Penguin Walk di kebun binatang ini, pastinya seru banget.

Di sini kamu bakal nemuin hewan-hewan asli Hokkaido seperti Beruang Coklat, Rubah Merah Ezo, Bangau Berdahi Merah, Rusa Ezo, dan masih banyak lagi. Selain itu, ada juga berbagai hewan dari berbagai belahan dunia seperti Panda Merah, Beruang Kutub, Orangutan, Jerapah, dan Macan – ini baru beberapa contohnya.

Setelah setengah hari dihabisin di kebun binatang, lanjutkan ke area Festival Musim Dingin Asahikawa. Di sekitar Stasiun JR Asahikawa banyak restoran. Coba deh ramen terkenal Asahikawa dan hidangan khas daerah lain.

Hari ke 8 – Meninggalkan Asahikawa dan Pergi ke Noboribetsu (Hokkaido Rail Pass: Day 4)

Sebagai kota resor onsen yang paling berkembang di Hokkaido, Noboribetsu dikenal khususnya karena sumber air panasnya yang mengalir dari Jigokudani (Lembah Neraka) yang dipercaya membawa banyak manfaat kesehatan, terutama untuk penyakit kulit kronis, relaksasi, dan tekanan darah tinggi.

Baca halaman ini buat liat jenis-jenis air yang punya banyak manfaat kesehatan. Kalau kamu punya salah satu masalah kesehatan itu, bisa coba mandi di pemandian onsen dan lihat apakah ada perbaikan.

Untuk pengalaman menginap terbaik dan merasakan onsen di Noboribetsu, hotel ini katanya yang paling oke. Ada pemandian onsen yang terbaik, baik dalam ruangan maupun luar ruangan. Makanannya juga enak dan memuaskan.

Hari ini, kamu bisa menikmati pemandian air panas yang ada di hotel.

Hari ke 9 – Seharian di Noboribetsu (Hokkaido Rail Pass: Day 5)

Hari ini kamu bakal nikmatin sehari untuk jalan-jalan di sekitar onsen Noboribetsu.

Tempat pertama yang kamu kunjungi hari ini adalah Lembah Neraka, yang juga dikenal sebagai Jigokudani. Ini adalah sumber utama dari segala jenis mineral yang kamu temuin di pemandian air panas di Noboribetsu.

Gak jauh dari Jigokudani ada Oyunuma, kolam belerang – nikmati jalan-jalan ke kolam ini dari lembah neraka, tapi hati-hati karena jalannya bisa licin karena es dan salju.

Pohon-pohon di sekitar kolam berubah warna di musim gugur (pertengahan Oktober), jadi tempat ini jadi pemandangan yang oke banget buat dilihat. Di dekat kolam, ada juga pemandian kaki alami buat relaksasiin kaki kamu. Rendam kaki kamu di situ sebentar sebelum melanjutkan perjalanan ke destinasi berikutnya.

Noboribetsu Date Jidaimura adalah taman berlatar sejarah yang asyik banget buat kamu kunjungi. Dengan banyak struktur menarik di seluruh taman tema ini dan pertunjukan panggung Ninja, Samurai, dan Oiran, tempat ini fokus pada gaya hidup zaman Edo Jepang.

Coba deh labirin ninja-nya, pasti seru banget! Selain itu, jangan lupa cek juga rumah horornya. Tempat ini cocok banget buat keluarga yang punya anak-anak, terutama yang tertarik sama budaya dan sejarah Jepang.

Pindah ke Sapporo menjelang sore dengan kereta, dan nginep di hotel ini.

Hari ke 10 – Kunjungi Wonderland Sapporo dan nikmati Snowmobiling/Sapporo Taine

Noboribetsu Date Jidaimura adalah taman berlatar sejarah yang asyik banget buat kamu kunjungi. Dengan banyak struktur menarik di seluruh taman tema ini dan pertunjukan panggung Ninja, Samurai, dan Oiran, tempat ini fokus pada gaya hidup zaman Edo Jepang.

Coba deh labirin ninja-nya, pasti seru banget! Selain itu, jangan lupa cek juga rumah horornya. Tempat ini cocok banget buat keluarga yang punya anak-anak, terutama yang tertarik sama budaya dan sejarah Jepang.

Pindah ke Sapporo menjelang sore dengan kereta, dan nginep di hotel ini.

Hari ke 11 – Kunjungi Danau Shikotsu dan rasakan Festival Es Chitose dan Shikotsu

Hari ke-11, kamu bakal mengunjungi salah satu danau terindah dan terjernih di Hokkaido, namanya Danau Shikotsu. Di sana kamu bakal bisa liat festival musim dingin populer lainnya yang disebut Festival Es Chitose dan Shikotsu.

Festival musim dingin ini diadain dari akhir Januari sampai akhir Februari setiap tahun. Penerangan warna-warni pada patung es raksasa terjadi tiap malam. Beneran bikin suasana jadi ajaib. Jalan-jalan deh di sekitar area festival, dan pastikan nikmati pemandangan danau saat siang.

Cara terbaik buat ke danau ini adalah naik mobil, soalnya gak ada transportasi umum antara Sapporo dan Danau Shikotsku. Tapi, kamu juga bisa nyampe pakai bis Hokkaido Chuo dari Stasiun Chitose.

Pas balik dari Danau Shikotsu, mungkin kamu mau coba salah satu makanan wajib coba di Hokkaido malam ini, tebak apa? Betul, kepiting! Mampir deh ke Cabang Utama Sapporo Kaniya, restoran populer buat makan kepiting Hokkaido dan puasin perutmu.

Hari ke 12 – Trip Seharian di Otaru

Otaru itu kota pelabuhan yang cantik di Hokkaido. Terkenal dengan makanannya, produk kaca, kotak musik, dan bangunan-bangunan tua. Selain itu, banyak yang ingat Otaru gara-gara kanal ikoniknya, yang disebut Kanal Otaru. Katanya, jalan-jalan di sepanjang kanal ini jadi salah satu hal terbaik yang bisa kamu lakukan di Otaru.

Gak usah mikirin buat nginep semalam di Otaru, karena kamu bisa mudah nyampe ke sana naik kereta atau bis dari Sapporo. Naik kereta cepat dari Stasiun Sapporo, cuma 30 menit aja. Kalau naik kereta lokal, sekitar 45 menit.

Habiskan hari kamu di Otaru dengan liat landmark ikoniknya, kayak Otaru Aquarium, Kanal Otaru, Jalan Sakaimachi, Museum Kotak Musik Otaru, dan Pabrik Sake Tanaka. Kalau kamu pikir kunjungan ke akuarium bukan hal yang kamu suka, alternatifnya bisa kunjungi Gunung Tengu.

Di akuarium, kamu bakal liat berbagai macam makhluk laut di tangki kaca, khususnya ikan-ikan yang tinggal di Hokkaido dan daerah kutub. Selain itu, jangan lewatkan pertunjukan lumba-lumba, pertunjukan anjing laut, pertunjukan penguin, pertunjukan singa laut Steller, dan Penguin walk, yang pasti bikin perjalananmu seru banget.

Dibutuhin setengah hari buat nonton semua pertunjukan langsung di akuarium. Nyampe ke akuarium naik bis Chuo, jadi ke terminal bis no. 3# dan tunggu bisnya datang. Bayar ongkos bis pake kartu IC.

Setelah itu, balik ke pusat kota Otaru dan jalan-jalan deh ke daerah Kanal. Kalau udah cukup lapar, jalan-jalan ke Jalan Sakaimachi, di situ banyak restoran dan toko oleh-oleh! Salah satu tempat paling terkenal buat cari kado-kado itu Museum Kotak Musik Otaru.

Banyak turis juga berangkat naik perahu pesiar keliling Kanal Otaru buat liat pemandangan dari sudut pandang yang beda. Baca panduan ini buat liat apa aja yang bisa dilakuin turis di kota Otaru.

Kamu bakal kunjungi Otaru pas Festival Jalan Cahaya Salju Otaru di bulan Februari, jadi kami saranin sebagian besar waktumu dihabisin di area kanal. Dengan ribuan lampu dan patung salju yang bercahaya, kanal terlihat luar biasa di malam hari saat festival berlangsung!

Hari ke 13 – Belanja Seharian di Sapporo

Mau gak bawa pulang oleh-oleh buat mengingat pengalamanmu? Ada banyak area belanja di kota Sapporo yang bisa bikin kamu puas berbelanja.

Banyak orang suka beli produk kecantikan Jepang (kosmetik) karena kualitas tinggi dan harganya yang terjangkau. Kalau kamu salah satunya, mampir deh ke salah satu apotek di kota buat dapetin penawaran terbaik. Contohnya, kamu bisa ke Jalan Belanja Tanukikoji – tempat banyak apotek, toko oleh-oleh, dan restoran.

MEGA Don Quijote Sapporo Tanukikoji Honten di area yang sama juga punya berbagai macam produk yang bisa kamu beli. Di sana, kamu bisa berbelanja bebas pajak.

Gimana, pengen gak bawa oleh-oleh buat inget-inget pengalamanmu? Ada banyak tempat belanja di kota Sapporo yang pasti bikin kamu senang berbelanja.

Banyak orang suka beli produk kecantikan Jepang (kosmetik) karena kualitasnya bagus dan harganya juga gak bikin kantong bolong. Kalau kamu termasuk yang suka, cobain mampir ke salah satu apotek di kota buat dapetin penawaran terbaik. Misalnya, kamu bisa ke Jalan Belanja Tanukikoji – di sana ada banyak apotek, toko oleh-oleh, dan restoran.

Ada juga MEGA Don Quijote Sapporo Tanukikoji Honten di area yang sama yang punya berbagai macam produk yang bisa kamu beli. Di sana, kamu bisa berbelanja tanpa harus bayar pajak.

Hari ke 14 – Hari Terakhir di Hokkatido

Jadi, terinspirasi buat ngambil perjalanan lain ke Hokkaido lagi di masa depan? Panduan tentang hal-hal terbaik yang bisa dilakukan di Hokkaido berbagi banyak kegiatan seru, termasuk yang udah kamu lihat selama perjalanan musim dingin ini.

Hokkaido layak buat kamu datang lagi, dan daerah ini punya banyak hal yang bisa dilihat dan dilakukan, gak peduli kapan pun kamu mau datang.

Sebelum terbang, pastikan beli beberapa oleh-oleh otentik Hokkaido dari toko-toko yang ada di bandara. Selamat terbang kembali ke rumah dan makasih udah datang ke Jepang!

Similar Posts

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *