Rekomendasi 3 Festival Jepang di Tokyo yang Wajib Dikunjungi pada 7-9 Juni

Sebagai Tokyo menyambut musim bunga hydrangea, ini menandai dimulainya perayaan musim panas di kota ini. Secara tradisional, musim panas adalah salah satu waktu paling meriah di Tokyo, dengan banyak distrik dan lingkungan kota yang menyelenggarakan pesta jalanan dan perayaan untuk kita nikmati sambil merasakan semilir angin malam musim panas.

Kebetulan pada akhir pekan 7-9 Juni ini, tiga bagian berbeda dari Tokyo masing-masing akan mengadakan acara besar mereka sendiri. Semuanya akan memiliki parade besar, di mana mikoshi (kuil portabel) yang dihias indah dibawa ke jalanan dalam prosesi yang sangat memukau untuk ditonton. Lebih penting lagi, festival-festival bersejarah ini berasal dari periode Edo (1603-1867), menjadikannya warisan hidup kota ini.

Jadi, bersiaplah untuk akhir pekan yang penuh dengan aktivitas. Dan jika Anda seorang fotografer, festival-festival ini adalah kesempatan sempurna untuk menangkap budaya Tokyo yang semarak. Jangan lewatkan kesempatan untuk ikut serta dalam open trip tour Jepang yang akan membawa Anda langsung ke jantung perayaan ini.

Baca juga : Rekomendasi Itinerary 3 Hari untuk Liburan Summer di Hiroshima dan Yamaguchi

Sanno Festival

Dirayakan sejak awal abad ke-17 dan diakui sebagai salah satu dari tiga festival besar Edo (bersama dengan festival Kanda dan Fukagawa), Sanno Matsuri menandai dimulainya musim festival musim panas di Tokyo.

Sorotan dari festival selama 10 hari ini adalah parade besar pada hari Jumat, 7 Juni, yang berlangsung dari pukul 7.45 pagi hingga 5 sore. Prosesi spektakuler ini akan menampilkan beragam mikoshi berwarna-warni, float, dan para peserta yang berpakaian mewah melintasi pusat kota Tokyo, melewati Istana Kekaisaran (pukul 12 siang), Stasiun Tokyo (pukul 12.40 siang), Menara Jam Ginza (pukul 3.30 sore), dan banyak lagi. Anda dapat melihat rute parade di sini (hanya dalam bahasa Jepang).

Di lokasi utama festival, Kuil Hie akan menjadi tuan rumah serangkaian acara, meskipun banyak di antaranya berskala kecil. Meskipun demikian, ada chigo-gyoretsu (Minggu, 9 Juni pukul 12 siang dan 2.30 sore), sebuah parade di mana anak-anak berdandan dalam warna oranye dan ungu untuk mendoakan pertumbuhan dan kesehatan, serta upacara penyucian chinowa-kuguri yang melihat para peserta berdoa untuk umur panjang dengan melewati cincin alang-alang. Periksa jadwalnya (hanya dalam bahasa Jepang) untuk semua detailnya.

Baca juga : Rekomendasi Itinerary Liburan 7 Hari Tour Jepang Summer: Osaka, Kyoto, Nara, Okayama

Tsukiji Lion Dance Festival

Diadakan dalam bentuk paling spektakuler hanya sekali setiap tiga tahun, Tsukiji Shishi Matsuri, atau Festival Tarian Singa, berlangsung selama tiga hari di sekitar Kuil Namiyoke Inari di tepi Pasar Luar Tsukiji.

Pada hari Jumat, 7 Juni pukul 11 pagi, Anda bisa ikut dalam ritual untuk mengusir nasib buruk dan penyakit menular. Sementara itu, pada hari Sabtu, 8 Juni, Anda bisa menyaksikan Edo no Sato Kagura, sebuah pertunjukan musik dan tarian suci Shinto dari periode Edo.

Acara utama festival ini terjadi pada hari Minggu, 9 Juni, ketika serangkaian mikoshi berparade melalui jalanan dengan tarian singa yang khas. Prosesi dimulai pukul 9 pagi di Kuil Namiyoke Inari dan berakhir saat mikoshi kembali ke kuil pada pukul 3.30 sore.

Jika Anda tidak bisa datang ke kuil di pagi hari, unduh peta ini (hanya dalam bahasa Jepang), karena peta tersebut menunjukkan rute parade dan waktu kedatangan di setiap titik pemeriksaan.

Baca juga : Rekomendasi Itinerary Summer Nara & Kyoto 5 Hari Wisata dan Kuliner Halal

Torigoe Festival

Lihat mikoshi raksasa seberat empat ton yang dibawa melalui jalan-jalan dekat Kuil Torigoe di Asakusabashi pada festival tradisional yang dikenal dengan pertarungan intens yang tak terhindarkan untuk mendapatkan kesempatan membawa mikoshi besar ini.

Acara utama berlangsung pada hari Minggu, 9 Juni dari pukul 7 pagi hingga 9 malam, ketika mikoshi dibawa melalui jalan-jalan. Jika Anda ingin menangkap momen terbaik, datanglah sekitar pukul 7 malam untuk melihat mikoshi kembali ke kuil.

Sementara itu, pada hari Sabtu, 8 Juni, asosiasi lingkungan setempat akan berparade dengan mikoshi portabel mereka sendiri yang lebih kecil di sekitar area tersebut. Jangan lewatkan juga stan makanan yang didirikan di sepanjang jalan selama festival.

Rekomendasi Artikel Lain dari TokyoTravel.co.id :

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *