Itinerary 8 Hari di Hokkaido Buat yang Mau Liburan ke Hokkaido di Bulan November

Nih, kalau kamu punya 8 hari buat jalan-jalan di Hokkaido pas bulan November, menurut kita sih ini waktu yang pas buat cek tempat-tempat keren di Sapporo dan tempat-tempat seru lainnya di sekitar Hokkaido, termasuk kota-kota besar dan desa-desa yang asyik.

Banyak orang bilang bulan November itu nggak waktu yang paling oke buat ke Hokkaido, karena lagi pergantian dari musim gugur akhir ke awal musim dingin. Tapi enggak selamanya bener, lho! Bahkan, kalau kamu atur perjalanan dengan bijak, pasti bakal jadi liburan Hokkaido yang gak akan terlupakan.

Salah satu keuntungan besar jalan-jalan di Hokkaido pas November adalah kamu bakal dapet diskon menginap murah dan tempat-tempat wisata utama, kayak yang ada di sekitar kota Sapporo, bakal lebih sepi pengunjungnya.

Nah, pertanyaannya, apa sih kamu bakal bisa liat dedaunan musim gugur di bulan November? Terus, apa bisa nemuin pemandangan salju juga? Nah, rencana perjalanan ini bakal jawab semua pertanyaan kayak gitu dan bagi tips tempat keren buat dikunjungin, tempat nginep, cobain makanan dan minuman lokal yang enak.

Yuk, mulai rencanain liburan seru kamu sekarang!

Hari ke 1 – Tokyo ke Hakodate

Mulai deh liburan Hokkaido kamu pas minggu pertama November; jadi kamu punya kesempatan buat liat dedaunan musim gugur di kota Hakodate. Taman Goryokaku tuh beneran cantik dengan warna-warni dedaunan musim gugur. Percaya enggak percaya, taman ini worth buat dikunjungin di awal November buat liat dedaunan musim gugur.

Kalau dari Stasiun Tokyo mau ke Hakodate, naik deh Tohoku-Hokkaido Shinkansen. Bakal sampe di Hakodate sebelum siang kalo berangkat pagi-pagi.

Atau, kalau mau hemat waktu, bisa juga naik pesawat. Ada Air Do (lebih murah), ANA, dan Japan Airlines yang operasiin banyak penerbangan antara Bandara Haneda dan Bandara Hakodate.

Cek-in di hotel ini, lokasinya deket banget sama Stasiun JR Hakodate.

Nih, buat hari ini, kita saranin buat kunjungin satu spot keren di kota ini aja, namanya Ropeway Gunung Hakodate. Nah, naik ropeway ini bakal bawa kamu ke puncak Gunung Hakodate, dan dari observatoriumnya kamu bakal bisa menikmati pemandangan malam yang luar biasa dari atas kota Hakodate.

Ini termasuk salah satu dari 3 pemandangan malam terbaik di Jepang, jadi tiap hari banyak turis yang dateng, kadang bisa rame banget. Pastiin dapet tempat buat foto-foto ya!

Sampe di puncak sebelum matahari terbenam biar kamu enggak ketinggalan liat pemandangan kota, Teluk Hakodate, laut, dan gunung-gunung di kejauhan.

Selanjutnya, jalan-jalanlah di sepanjang Hachimanzaka Slope di area Motomachi pas kamu keluar dari stasiun awal ropeway.

Ini adalah jalan menurun yang terkenal dengan pepohonan dan bangunan-bangunan tua, salah satu dari sembilan belas jalan menurun di kota Hakodate. Nikmatin pemandangan Teluk Hakodate dan lampu-lampu kota pas kamu jalan dari bawah Gunung Hakodate.

Buat makan deket Stasiun JR Hakodate, mampir deh ke Hakodate Bay Gourmet Club. Tempat bagus buat cobain makanan laut enak dan hidangan tradisional lainnya. Atau, bisa juga ke Lucky Pierrot, di sana ada restoran dengan banyak pilihan makanan yang enak.

Hari ke 2 – Menikmati Hari di Hakodate

Mulai hari pertama di Hakodate dengan mampir ke Pasar Pagi Hakodate. Ini tuh pasar makanan yang nggak ada duanya buat sarapan. Cobain beragam makanan laut segar, buah-buahan, dan manisan di sana.

Selanjutnya, naik trem dari Stasiun Hakodate ke Goryokaku Koen-mae, terus jalan kaki sekitar 10 menit buat sampe ke Taman Goryokaku.

Taman Goryokaku dan Benteng Goryokaku, yang diakui sebagai situs bersejarah nasional istimewa, ini punya bentuk bintang dan bergaya Barat, dengan alam yang indah. Didesain oleh Takeda Ayasaburo dan selesai dibangun tahun 1864.

Di musim semi, sekitar 1.600 pohon ceri memikat turis dari seluruh Jepang dan luar negeri. Pemandangan mereka waktu bunga mekar sempurna banget, terutama dari Menara Goryokaku yang pemandangannya bikin kagum.

Buat warga lokal, ini tempat hanami yang sempurna di kota Hakodate.

Trus, apa yang bisa kamu liat di sini pas November? Jawabannya simpel! Coba tebak apa?! Warna-warni dedaunan musim gugur. Pohon ceri bikin pemandangan cantik dengan berbagai warna, dan itu aja udah bikin liburan makin asyik di musim gugur.

Emang sih, taman ini tempat yang oke banget buat santai. Nah, yang mirip sama tempat ini tuh Hakodate Kosetsuen, ada di Taman Miharashi. Ini taman tradisional Jepang yang cantik banget dan banyak banget yang bisa kamu nikmatin di sini.

Dia terkenal banget sama dedaunan musim gugurnya di musim gugur dan bunga sakuranya pas musim semi. Banyak pohon maple yang bisa kamu lihat di taman ini. Ada juga Hakodate MOMI-G Festa (Festival Dedaulan Musim Gugur) yang diadain dari akhir Oktober sampe pertengahan November. Bahkan pohon-pohonnya diterangi di malam hari waktu festival!

Dari Goryokaku Park, naik trem buat sampe di halte trem Yunokawa. Dari situ, jalan kaki ke Hakodate Kosetsuen. Di jalan ke Kosetsuen, kamu bisa mampir juga ke Kuil Yukura, yang ngenalin dewa penjaga dari pemandian air panas terkenal di deket sini, Yunokawa Onsen.

Balik deh ke Stasiun Hakodate dari Halte Bus Kosetsuen, dan siap-siap aja buat jalan-jalan liat toko oleh-oleh dan restoran di Gudang Batu Bata Merah Kanemori.

Hari ke 3 – Hakodate ke Danau Toya

Gimana sih bisa nggak mampir ke tempat keren kayak Danau Toya pas lagi perjalanan dari Hakodate ke Sapporo naik kereta? Tempat ini wajib banget dikunjungin buat kamu yang pengen nikmatin alam. Lagian, di sini kamu bisa liat dedaunan musim gugur di awal November.

Berangkat dari Stasiun JR Hakodate pagi-pagi ke kota Tokayo naik kereta Hokuto Limited Express yang tujuannya ke Sapporo.

Dengan pemandangan luar biasa dari Danau Toya, sebaiknya menginap di hotel ini, dan pastiin juga istirahat sebelum jalan-jalan di sekitar kota pemandian air panas.

Jalan-jalan di sepanjang tepian danau dan nikmatin alamnya. Banyak banget tempat yang bisa kamu pilih buat nikmatin pemandangan indah Danau Toya dan Gunung Yotei di kejauhan.

Gunung yang terkenal dengan pemandangannya yang megah ini, mirip Gunung Fuji, jadi sering juga disebut Ezo Fuji. Kamu pasti bakal suka dengan penampilannya yang cantik sepanjang tahun.

Pastiin juga naik kapal pesiar keliling Danau Toya, ini cara yang oke buat menjelajahi danau kaldera ini secara mendalam. Cek website ini buat liat jadwal dan harga perjalanan naik kapal.

Buat makan malam, bisa coba salah satu dari restoran-restoran ini: Hydune, Sendoan, Boyotei Restaurant, dan Gyusuke.

Hit 4 – Toyoko Onsen dan Noboribetsu Onsen

Hari ke-4, kamu menuju ke Noboribetsu Onsen dari Toyako. Jaraknya gak terlalu jauh, cuma sekitar 40 menit naik kereta aja dari Stasiun Toya.

Di Jepang, mandi di onsen pas musim dingin tuh pengalaman seru banget. Hokkaido di bulan November biasanya udah dingin banget, jadi enggak ada alasan buat nggak nyobain mandi di onsen.

Kamu bisa santaiin badan dan pikiran di Noboribetsu dengan mencoba salah satu pemandian air panasnya, di mana air panas alami mengalir dari Lembah Neraka (Jigokudani). Dengan beragam jenis pemandian yang ada di satu tempat, ini salah satu kota resor onsen terbaik di Hokkaido dan masuk dalam 10 besar di Jepang.

Kita rekomen banget buat nginep di Daiichi Takimotokan buat pengalaman yang nyaman dan sempurna di kota resor air panas ini. Ini adalah ryokan hotel terbaik, dengan pemandian luas yang punya lima dari sepuluh jenis mata air mineral yang diakui secara resmi di Jepang.

Pemandian belerang, pemandian garam, pemandian sodium, pemandian besi sulfat, dan pemandian alum di Takimotokan ini punya manfaat kesehatan yang oke banget, kayak melindungi tubuh dari kedinginan, menurunkan tekanan darah, pulih dari kelelahan, meningkatkan sirkulasi darah, serta menghaluskan dan menyegarkan kulit.

Kalau kamu punya penyakit kulit kronis, air panas ini bisa membantu penyembuhannya. Jadi, coba deh! Ngomong-ngomong, setelah perjalanan keretamu selesai, langsung aja menuju kota onsen dan check-in di Daiichi Takimotokan. Kamu bisa menghabiskan setengah hari di sini.

Mampir ke Noboribetsu Date Jidaimura, taman tematik budaya yang ngasih pengunjung kesempatan buat liat pertunjukan langsung Samurai, Ninja, dan Oiran. Jalan-jalan di jalan kuno dan lihat toko-toko pedagang dan rumah-rumah bergaya Edo yang cantik.

Setelah nikmatin waktu yang asyik di taman budaya itu, jalan-jalan deh buat lihat Lembah Neraka, atau yang disebut Jigokudani juga, ini sumber utama air panas di Noboribetsu. Tempat ini nyuplai sekitar 10.000 ton air setiap hari.

Pastiin kamu pake sepatu anti selip ya, soalnya kamu bakal jalan di jalan kayu buat sampe ke Lembah Neraka. Setelah itu, langsung aja balik ke hotel dan nikmatin pemandian onsen yang oke banget di sana. Mandi di air panas bisa bawa tidur yang lebih nyenyak, lho! Buat makan malam, kamu bisa coba hidangan dari Charcoal BBQ & Ramen Isekura.

Hari ke 5 – Noboribetsu ke Sapporo

Akhirnya waktunya ke Sapporo! Ibu kota Hokkaido, di mana ada banyak banget kegiatan seru yang bisa dicoba, yang pasti bikin pengalaman yang nggak terlupakan.

Sapporo adalah salah satu kota paling cantik di Jepang, punya banyak atraksi musiman yang bikin liburan seru. Di Sapporo, nginep deh di hotel ini, lokasinya dekat Odori Park dan Menara TV.

Odori Park itu pusatnya Sapporo. Dari sini kamu bisa pindah ke jalur subway lainnya kalo perlu, dan kamu bisa pake jalur bawah tanah (Chikaho) buat nyampe Stasiun JR Sapporo dari Stasiun Odori. Jadi, lebih baik nginep dekat Odori Park daripada di sekitar Stasiun JR Sapporo.

Hari ini, kamu bakal explore beberapa tempat aja, termasuk Menara Jam Sapporo, Menara TV Sapporo, Odori Park, dan Susukino – tempat yang oke buat seru-seruan pas malam hari di Sapporo!

Gak perlu naik mobil buat nyampe tempat-tempat ini, pake kaki aja cukup, karena lokasinya deket satu sama lain. Kamu bisa masuk ke dalam Menara Jam Sapporo kalau mau, tapi banyak turis juga cukup foto-foto aja di depan struktur kayu kuno ini.

Menara TV itu keren banget buat liat pemandangan Odori Park dari atas. Di sisi lain, Odori Park punya spot terbaik buat foto Menara TV. Seru, kan?

Asik banget liat menara ini yang diterangi cantik tiap malam sampai tengah malam. Pemandangannya tuh memikat banget.

Taman ini dirancang dengan indah, dan banyak acara tahunan terkenal Sapporo diadain di sini, kayak Festival Salju Sapporo di musim dingin, dan Sapporo Autumn Fest di musim gugur.

Susukino, daerah hiburan utama di kota ini, punya banyak hal menarik. Tempat ini dipenuhi pusat perbelanjaan, restoran, bar, kafe, dan hotel.

Jalan belanja Tanukikoji di daerah ini juga asik buat makan dan belanja. Di Mega Don Quijote di Tanukikoji, kamu bakal nemuin banyak oleh-oleh menarik (toko bebas pajak). Jangan lupa beli oleh-oleh di sana ya!

Coba deh ramen di IPPUDO Sapporo Tanuki Koji dan bandingin sama ramen lain yang udah kamu coba selama liburan ini.

Hari ke 6 – Sehari di Otaru

Otaru itu kota pelabuhan kecil di Hokkaido yang menarik banget! Punya kanal yang cantik banget, gudang-gudang tua, sushi segar, kotak musik, dan kerajinan kaca.

Cek deh panduan kami buat hal-hal terbaik yang bisa kamu lakukan di Otaru, sambil merencanakan trip dari Sapporo.

Tempat wisata paling populer di Otaru antara lain Akuarium Otaru, Kanal Otaru, Jalan Sakaimachi, Museum Kotak Musik Otaru, Gunung Tengu, Gedung Kaca Kitaichi Sangokan (Nomor 3), dan Pabrik Sake Tanaka.

Tempat-tempat ini bisa kamu kunjungin sepanjang tahun. Ada juga atraksi musiman lain di area ini, kayak Taman Temiya di musim semi yang punya pemandangan bunga sakura yang indah.

Kalau pengen merasain kehidupan laut di Hokkaido, mampir ke Akuarium Otaru itu rekomen banget. Dengan pertunjukan lumba-lumba seru, pertunjukan singa laut, pertunjukan anjing laut, jalan-jalan penguin, pemberian makan walrus, plus banyak akuarium kaca, tempat ini cocok banget buat kunjungan keluarga di Otaru.

Dikelilingi gudang-gudang tua yang terawat dengan baik, Kanal Otaru adalah simbol Otaru yang selalu bikin kesan di hati turis. Santai aja jalan-jalan di kanal ini sebelum cicipin hidangan laut terkenal dari Otaru atau masuk ke museum kotak musik.

Kamu juga bisa coba naik perahu di kanal. Ini perjalanan perahu santai selama 40 menit, yang nawarin pemandangan keren yang biasanya gak banyak turis lain yang alami.

Jalan Sakaimachi di Otaru juga jadi salah satu hal utama di kota ini, dengan bangunan-bangunan tua, toko-toko, dan restoran. Nikmati aja jalan-jalan di sana sambil beli oleh-oleh otentik yang cuma ada di Otaru.

Pengen nyobain sake gratis? Kalo iya, langsung aja ke Pabrik Sake Tanaka Kikkogura. Ini adalah pabrik sake lokal paling terkenal di Otaru. Di sini kamu bisa liat proses pembuatan sake dan beli berbagai jenis sake, mulai dari yang murah sampe yang mahal.

Kalau mau beli produk kaca asli dan unik, gak perlu cari lebih jauh dari Gedung Kaca Kitaichi Sangokan (Nomor 3). Di sini, beli cuma satu produk kaca aja gak bakal cukup buat memuaskan hasrat belanjumu! Betul, kan?

Di gedung yang sama, kamu juga bakal nemuin kafe bernama Kitaichi Hall, di mana kamu bisa ngalamin nyala lampu-lampu, makan camilan enak, dan minum minuman. Karya seni kaca yang menakjubkan di gedung ini bakal bikin kamu terpesona dan ngasih kamu alasan buat balik ke sini lagi di masa depan.

Hari ke 7 – Sehari di Sapporo: Museum dan Belanja

Sapporo punya banyak museum yang menarik, nih. Desa Sejarah Hokkaido dan Museum Hokkaido itu dua museum wajib dikunjungin di kota ini.

Buat nyampe ke tempat-tempat ini, pastiin kamu nyampe dulu ke Stasiun Shin Sapporo, terus naik bus. Buat info aksesnya, cek halaman ini ya.

Museum Hokkaido ngajakin kamu buat kenal alam, sejarah, dan budaya Hokkaido. Kalo kamu tertarik buat belajar sejarah, alam, dan budaya Hokkaido, kamu harus kesini dan liat koleksi barang-barang berharga yang dipajang di sana.

Desa Sejarah Hokkaido di sisi lainnya adalah museum di udara terbuka, yang terdiri dari bangunan-bangunan yang dipindahkan dan direstorasi yang mewakili sejarah Hokkaido di era Meiji dan Taisho.

Seluruh area bisa dibagi menjadi empat bagian: Kota, Desa Nelayan, Desa Pertanian, dan Desa Pegunungan.

Santai aja buat cek tiap bagian, soalnya ada banyak banget yang bisa diliat. Catat aja, museum ini dibuka tahun 1983 buat menjaga aset budaya penting Hokkaido buat generasi mendatang.

Di malam hari, kamu bisa nyari tempat buat shopping di sekitar Stasiun JR Sapporo. Gedung Sapporo ESTA, Daimaru, dan bahkan Sapporo Stellar Palace pasti bikin pengalaman belanjamu seru banget.

Buat pengalaman shopping terbaik di Sapporo, kamu pasti pengen tau di mana harus pergi, kan?

Terakhir, sebelum kamu nikmatin belanjaan, kalo kamu mau kunjungin tempat lain yang punya pemandangan malam keren kayak di Gunung Hakodate, langsung aja ke Gunung Moiwa pake Ropeway!

Pasti kamu bakal suka tempatnya.

Hari ke 8 – Sehari di Sapporo: Shopping, Dinning, Night Views

Banyak banget kegiatan yang pasti bakal bikin kamu pengen jalan-jalan lebih banyak, jadi ini dia tempat-tempat terbaik yang bisa kamu kunjungin di Sapporo di hari terakhir kamu.

Hokkaido itu tempat kelahiran bir di Jepang. Salah satu merek bir paling populer dan tertua di negara ini adalah Sapporo Beer. Pasti udah pernah nyoba, kan?

Karena udah nyampe di Hokkaido, tugas kamu adalah mampir ke Museum Bir Sapporo buat tau sejarah bir di Jepang dan proses pembuatannya. Ada juga sesi nyobain bir, meski kamu harus bayar buat itu.

Entah suka minum bir atau enggak, tempat bersejarah di Sapporo ini tiap tahun ngundang ribuan pengunjung. Di sebelah museum ada Taman Bir Sapporo, tempat kamu bisa nemuin beberapa restoran. Sebenernya, di sini kamu bisa cobain Jingisukan terenak (BBQ Daging Domba), makanan lokal terkenal Hokkaido.

Buat nyampe ke tempat ini, naik Toho Subway dan turun di Stasiun Higashi-kuyakusho-mae. Dari sana jaraknya sekitar 15 menit jalan kaki ke museum.

Selanjutnya, kamu bakal mampir ke Hokkaido Jingu (Hokkaido Shrine) di Taman Maruyama, yang dianggep salah satu tempat wisata terbaik di Sapporo. Kuil ini cuma sekitar 15 menit jalan kaki dari stasiun Maruyama koen di Jalur Tozai. Setiap turis pasti harus mampir ke struktur bersejarah ini.

Selain itu, nikmati jalan-jalan santai di Taman Maruyama, taman luas dengan pepohonan seperti Cedar raksasa, Oak, Magnolia, Maple, Cherry, dan Katsura.

Setelah matahari terbenam, langsung aja ke JR Tower Observatory T38, tempat asyik buat santai sambil nikmatin makanan dan minuman.

JR Tower Observatory T38 kasih kamu pemandangan 360 derajat kota Sapporo, dan harganya lebih terjangkau dibanding naik Ropeway Gunung Moiwa. Ini bisa jadi pilihan yang pas kalo kamu mau keliling stasiun JR Sapporo di malam hari.

JR Tower punya banyak toko dan restoran buat isi perut kamu. Bakal ketemu mereka pas kamu ke loket tiket JR Tower Observatory T38.

Segitu aja! Tentunya kita bisa kasih kamu kejutan dengan atraksi lainnya. Jadi, kalo kamu punya waktu dan bisa perpanjang stay di Hokkaido selama 2 atau 3 hari lagi, kontak kita secepatnya ya.

Kita bakal bimbing kamu buat pengalaman terbaik yang pantas kamu dapetin, mungkin termasuk perjalanan satu hari ke Danau Shikotsu atau Asahikawa, atau bahkan jalan-jalan di Taman Moerenuma, siapa tau!

Dengan begitu, mungkin kamu juga punya rencana buat explore spot daun musim gugur terbaik di Kyoto dan tempat-tempat wisata lainnya. Kalo gitu, terbang langsung aja dari Bandara New Chitose ke Bandara Internasional Kansai. Dan kalo kamu mau keliling Tokyo, mungkin juga pertimbangin opsi-opsi perjalanan satu harinya.

Beda sama Tokyo dan Kyoto, kemungkinan buat liat daun musim gugur di Sapporo gak ada antara pertengahan sampe akhir November, tapi kamu mungkin bisa ngalamin salju pertama tahun ini.

Musim dingin di Hokkaido dimulai di bulan November dan kamu punya kesempatan buat liat salah satu event musim dingin, yaitu Sapporo White Illuminations. Ada banyak lampu berkilauan yang bisa kamu liat di Taman Odori dan area lain di sekitar kota. Acara penerangan ini bener-bener bikin suasana perayaan yang seru, gak ada keraguan lagi deh.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *