Liburan Seru di Hokkaido dengan Itinerary 7 Hari di Pertengahan Musim Gugur 2023

Wah, pengen banget lihat keindahan musim gugur, nih! Kalo kamu mau liburan di tempat yang kayak ngelangkah ke dunia lain, dan super cantik pas musim gugur tiba, tambahin deh Hokkaido ke dalam daftar perjalanan kamu. Di Hokkaido, musim paling asik buat nikmatin dedaunan musim gugur itu beda-beda tiap daerah, tergantung cuaca tahun itu juga. Misalnya, di Tengah Hokkaido, paling pas buat lihat dedaunan musim gugur tuh dari awal Oktober sampe akhir Oktober. Tapi, kalo di Utara Hokkaido, pemandangan dedaunan cantiknya bisa dinikmati dari pertengahan September sampe pertengahan Oktober.

Tapi tenang aja, puncak musim gugur di seluruh Hokkaido biasanya terjadi dari pertengahan Oktober sampe awal November. Jadi, kesempatan buat nikmatin keindahannya ada banget! Jadi, jangan sampe kelewatan momen seru ini buat merasain pesona alam yang gak bisa kamu dapetin di tempat lain. Pastiin Hokkaido jadi salah satu tujuan liburan kamu, ya!

Rencana perjalanan ini cocok banget kalo kamu mau jalan-jalan ke bagian tengah dan selatan Hokkaido dari akhir Oktober sampe awal November. Hokkaido adalah salah satu destinasi terpopuler buat nikmatin dedaunan musim gugur di Jepang, dan kalo ini pertama kali kamu ke sana, aku saranin banget ikutin rencana perjalanan yang direkomendasiin buat musim gugur ini.

Kamu bakal punya kesempatan buat lihat sisi terbaik dari Hokkaido pas musim gugur. Gak masalah kalo ada tempat-tempat yang gak kamu masukin ke rencana, kamu bisa fleksibel kok. Bahkan kalo kamu cuma tinggal di sana 5 atau 7 hari, udah cukup buat bikin kamu terpesona. Tapi inget ya, kalo kamu bisa stay di Hokkaido selama 14 hari, kamu bakal dikasih kesempatan buat mampir ke spot-spot musim gugur lainnya yang juga gak kalah keren.

Hari ke 1 – Sapporo

Sapporo terkenal banget dengan festival saljunya, namanya Sapporo Yuki Matsuri, yang diadain tiap awal Februari setiap tahun. Tapi tenang aja, di musim gugur, kota ini juga nggak kalah menakjubkan! Banyak orang datang ke sini buat nikmatin pemandangan warna daun yang cantik, dari oranye, merah, sampe emas yang mempesona. Pokoknya, pohon-pohonnya mulai berubah dari hijau segar jadi keemasan pada awal Oktober, dan warnanya paling cerah dari pertengahan Oktober sampe akhir Oktober.

Siap-siap, yuk mulai petualangan musim gugur di Hokkaido dari kota Sapporo! Kita langsung aja ke Hokkaido University Gingko Avenue, cuma 10-12 menit jalan kaki dari Stasiun JR Sapporo. Pakai Google Maps App buat nyari lokasinya. Di musim gugur, pas akhir pekan, tempat ini penuh dengan turis lokal dan mancanegara. Semua yang datang kesini pasti betah banget jalan-jalan di sepanjang gingko avenue yang cantik. Kalo kamu tertarik, bisa tinggal di sini sejam atau lebih. Pastiin kamu dateng pagi-pagi biar bisa dapet foto-foto keren yang nggak terlupakan.

Jangan lupa juga, kita bisa jelajah tempat-tempat menarik lainnya yang juga punya hubungan dengan Universitas Hokkaido, kayak Museum Universitas Hokkaido, Kebun Raya, dan Hutan Elm. Ada juga tempat lain yang asyik banget buat dikunjungin, misalnya Taman Nakajima (salah satu spot indah musim gugur di Sapporo), Menara TV Sapporo, Taman Odori, Taman Maruyama, dan Museum Bir Sapporo. Nggak boleh melewatkan Sapporo dari rencana liburan kita, ya! Mungkin bisa lewatkan pas musim panas, tapi pas musim gugur jangan sampe ketinggalan, ingetin diri sendiri ya!

Hari ke 2 – Sapporo -> Jozankei Onsen

Siap-siap buat temuin tempat yang istimewa banget! Jozankei onsen, cuma sekitar 60 menit naik mobil dari Stasiun JR Sapporo, adalah destinasi yang sering dianggap sebagai permata tersembunyi, terutama di musim gugur. Katanya, ini adalah kota resor pemandian air panas terbaik di Sapporo, dan kamu harus siap-siap buat terpesona sama pemandangan dedaunan musim gugurnya yang spektakuler.

Di sini, kegiatan ngeliat dedaunan gak cuma dari depan kaca, tapi kamu juga bisa kano, trekking, nyoba kaki ke dalam foot bath umum, petik buah, naik bus keliling area Jozankei, dan masih banyak lagi. Buat pengunjung Jozankei yang pengen eksplor lebih banyak spot indah musim gugur, ada bus eksklusif bernama Koyo Kappa Bus. Bus ini bawa kamu keliling tempat-tempat cantik di sekitar Jozankei, termasuk Waduk Hoheikyo. Nggak lupa, abis puas-puasin, cobain makan malam di restoran di kota pemandian air panas ini. Pas senja, kita balik lagi ke Sapporo. Seru banget, kan?

Hari ke 3 – Sapporo -> Biei -> Sapporo

Ayo, kita jalan-jalan ke Furano dan Biei, tapi cuma sehari aja ya. Gak nginap, tapi cukup buat eksplorasi di Asahidake Onsen, Gunung Asahidake, Air Terjun Shirogane & Blue Pond di Biei. Tempat-tempat ini keren banget dikunjungi pas pertengahan Oktober. Dari semua atraksi ini, pemandangan musim gugur di sekitar Blue Pond bakal bikin kamu kagum banget. Di sisi lain, kita bisa nikmatin trekking santai di sekitar Sugatami Pond di Gunung Asahidake. Kalo jalan-jalan di jalur trekking, kamu bakal bisa lihat Gunung Asahidake yang megah dari berbagai sudut pandang yang beda. Seru banget, deh.

Kamu bisa naik kereta ekspres JR dari Stasiun JR Sapporo ke Stasiun Asahikawa, terus ganti ke Stasiun Biei. Perjalanan totalnya sekitar 120 menit. Mendingan berangkat pagi-pagi biar dalam 2 jam udah sampe Biei. Kalo kamu punya Japan Rail Pass atau Hokkaido Rail Pass, gak perlu beli tiket lagi, langsung aja naik kereta dan nikmatin pemandangan sepanjang perjalanan. Setelah puas jalan-jalan sepanjang hari ini, balik lagi ke Sapporo naik kereta dan tinggal semalam di sana. Lagi cari destinasi sempurna buat day trip ke Biei dan Furano dari pusat kota Sapporo buat lihat keindahan warna musim gugur dan bunga? Kontak kita aja, kita bakal bantu ngasih panduan perjalanan yang oke.

Hari ke 4 – Sapporo -> Noboribetsu

Hari keempat, tempat seru yang bisa kamu kunjungi di Hokkaido adalah Noboribetsu. Iya, kita menuju Noboribetsu, sebuah kota resor pemandian air panas terkenal di wilayah Hokkaido. Di sini, ada sekitar sebelas jenis air panas, satu bath house umum, beberapa ryokan & hotel, footbath, jalur-jalur trekking, dan Danau Oyunuma. Kawasan sekitar kota resor ini keliatan cantik banget pas musim gugur. Ada dua hal yang wajib kamu coba di Noboribetsu, yaitu: kunjungi Jigokudani (Lembah Neraka) dan nikmatin Foot Bath alami di Sungai Oyunumagawa. Gak boleh dilewatkan, ya.

Saranku, cobain deh menginap di Noboribetsu Sekisui Tei. Tempat ini punya pemandian air panas indoor dan outdoor yang bikin betah banget. Dan yang keren lagi, mereka punya layanan bus antar jemput gratis dari Stasiun JR Sapporo dan Bandara New Chitose. Kalo kamu waktu di Sapporo terbatas dan nggak mau nginap semalam di Noboribetsu, gak masalah, kamu tetep bisa kepikiran buat mampir ke area itu dari kota Sapporo.

Day 5 – Noboribetsu -> Hakodate

Nah, dari Stasiun JR Noboribetsu, kita naik kereta ekspres terbatas (Hokuto atau Super Hokuto) ke Stasiun JR Hakodate. Sesampainya di Hakodate, langsung cek in di hotel tempat kamu mau nginap semalam dan tinggalin koper dan barang-barang pribadi kamu di sana. Kalo pengen istirahat dulu, bisa kok, nyantai aja sebentar, terus siap-siap buat jalan-jalan keliling kota. Kamu bisa eksplor Pasar Pagi Hakodate (Mei – Desember; 5:00 – 14:00). Selain itu, jalan-jalan juga di sepanjang jalan di area Teluk dan area Motomachi buat cari penemuan menarik yang tersembunyi. Seru banget, deh!

Ada spot indah buat lihat dedaunan musim gugur di Hakodate, loh! Kamu bakal terpesona banget lihat pemandangan dedaunan yang luar biasa di Taman Miharashi (Kosetsuen). Warna merah terang dan oranye dedaunan musim gugur di taman ini paling cantik di pertengahan Oktober hingga awal November. Pohon-pohon yang gugur di sini juga dinyalakan lampu di malam hari, bikin pemandangannya makin bikin nangis deh. Tujuan terakhir perjalanan kamu di Hakodate bakal ke Gunung Hakodate. Pemandangan di sekitar gunung ini keren banget! Katanya termasuk salah satu dari tiga pemandangan malam terbaik di Jepang. Di malam hari, tempat pengamatan di gunung ini pasti rame banget sama turis. Jadi, cari spot yang pas buat menikmati pemandangan malam yang indah, ya!

Day 6 – Hakodate -> Lake Toya

Yuk, kita jalan-jalan ke Danau Toya, dan menginap semalam di sana. Seru banget kalo bisa nginep di hotel yang deket banget sama tepi danau. Perjalanan naik kereta dari Stasiun JR Hakodate ke Stasiun JR Toya bakal sekitar 2 jam. Dari Stasiun JR Toya, kita lanjut naik bus ke Terminal Bus Toyako Onsen (perjalanan sekitar 15 menit). Kita bisa nginap semalam di The Lake View Toya Nonokaze Resort. Ini hotel keren banget, mereka nyediain layanan bus antar jemput gratis antara Stasiun JR Sapporo dan hotel, jadi kita bisa naik bus gratis juga dari hotel ke Stasiun JR Sapporo. Hotel ini tempat yang oke banget buat nikmatin pemandangan indah Danau Toya.

Jalan-jalan di sekitar area Toyako Onsen, pasti banyak penemuan menarik yang bakal kita temuin. Naik perahu cruise di Danau Toya dan nikmatin waktu yang menyenangkan. Selain itu, kita bisa eksplor Gunung Usu dengan naik Usuzan Ropeway, terus naik sampai ke dek observasi, dan nikmatin pemandangan panoramik dari sana. Di malam hari sekitar jam 8:45 malam, kita bisa lihat pertunjukan kembang api yang luar biasa selama sekitar 20 menit yang menerangi Danau Toya hampir setiap hari dari tanggal 28 April sampai 31 Oktober. Seru banget, deh!

Day 7 – Lake Toya -> Sapporo

Berangkatlah dari area Danau Toya pagi-pagi dan pulang lagi ke Sapporo. Habiskan hari dengan berbelanja dan makan malam enak di salah satu restoran terbaik yang ada di sekitar Stasiun JR Sapporo atau sekitar Taman Odori. Kamu juga bisa jalan-jalan ke Susukino, daerah lampu merah di Sapporo, yang penuh dengan restoran dan bar.

Rencana perjalanan ini udah mengajak kamu ke kebanyakan destinasi musim gugur terbaik di Hokkaido. Tradisionalnya, Hokkaido dikenal dengan keindahan alam yang masih asli. Ada begitu banyak hal yang bisa kamu alami, dan liburan ke Hokkaido di musim gugur bakal jadi perjalanan yang bahkan bisa melebihi ekspektasimu. Kalo ada pertanyaan tentang Hokkaido, jangan ragu untuk kontak kita ya. Terima kasih!

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *