10 Rekomendasi Tempat Wisata untuk Dikunjungi Bulan November di Jepang

Bulan November tuh pas banget buat ngerasain pesona dedaunan musim gugur yang keren di Jepang, terutama di Honshu, pulau terbesar di Jepang. Kadang suka bingung nih, mau kemana aja pas liburan ke Jepang bulan November nanti. Tenang aja, kita ada di sini buat bantu kamu!

Kalo kamu lagi mikir-mikir mau ke mana buat lihat dedaunan yang berubah warna waktu musim gugur ini, panduan ini bakal ngebantu kamu merencanakan liburan ke Jepang kamu dengan asyik.

Kita udah pilihin beberapa tempat nih berdasarkan popularitasnya dan keindahan musim gugur yang luar biasa di bulan November. Jadi, kalo kamu mau liburan ke Jepang bulan November, pastiin deh masukin salah satu dari tempat-tempat ini dalam rencana perjalanan kamu.

Setelah baca artikel ini, kamu bakal bisa putuskan dengan pasti mau ke mana aja buat lihat pemandangan dedaunan musim gugur yang keren di Jepang bulan November, dan juga tempat-tempat lain yang asik buat dikunjungi.

1. Shirakawago (Ogimachi) di Gifu

Shirakawago, nih, salah satu dari Situs Warisan Dunia UNESCO di Jepang. Ini tuh desa kuno di Jepang bagian tengah yang terkenal banget dengan rumah-rumah petani tradisionalnya (namanya gassho-zukuri), yang punya atap jerami yang curam banget, dan dikelilingi sama pegunungan dan alam yang asik.

Nah, Ogimachi itu desanya paling gede di Shirakawago, dan di situ ada puluhan rumah petani gassho-zukuri yang masih terawat banget. Terus, kalo kamu mau lihat desa petani yang keren juga, coba deh mampir ke desa Ainokura di daerah Gokayama.

Shirakawago itu cantik banget sepanjang tahun, tapi kalo kamu pengen pengalaman sekali seumur hidup, datenglah pas musim daun berguguran. Buat lihat pemandangan daun berguguran yang paling keren, dateng aja antara akhir Oktober dan awal November.

Jadi, kunjungan kamu ke Shirakawago di awal November nggak cuma buat ngeliat pemandangan musim gugur yang indah, tapi juga buat ngindarin musim dingin yang berat. Soalnya, di sana musim dingin suka banget turun salju.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata untuk Memetik Buah di Hokkaido

Kalo kamu pada takut dingin, bulan November tuh waktu yang pas buat trip ke desa ini dan nyobain nginep semalam di salah satu rumah petani Jepang yang keren. Kalo nggak dapet booking, mungkin bisa coba bermalam di salah satu rumah petani yang bagus juga.

Gak lupa, jangan lupa jalan-jalan di jalur pejalan kaki yang menuju Shiroyama Viewpoint. Dari sini, kamu bisa lihat seluruh desa sama rumah-rumah petani serta pegunungan di sekitarnya.

Shirakawago juga oke buat jadi tujuan wisata sehari dari kota Takayama. Jadi, buat yang mau eksplor tempat keren di sekitaran Takayama, mesti deh kesini dan nikmatin sehari yang asik.

Kalo mau cek jadwal bis yang berangkat dari Terminal Bis Takayama tiap hari, klik aja di sini. Dan buat nginep, ada juga hotel di kota Takayama yang deket banget sama Stasiun JR Takayama.

2. Kurobe Gorge di Toyama

Pegunungan Jepang Utara itu keren banget, guys! Tempatnya penuh pemandangan alam yang indah, cocok buat kamu yang suka petualangan alam. Salah satu spot ikonik di Pegunungan Jepang Utara adalah Kurobe Gorge.

Nih, Kurobe Gorge itu ada di pegunungan yang rada sulit, tapi punya salah satu jurang terdalam dan paling cantik di Jepang. Tempatnya asik buat dikunjungi kapan aja, tapi musim gugur bener-bener luar biasa.

Musim gugur di sini bikin mata kamu nggak berkedip, karena pemandangannya yang keren abis. Tiap tahun, antara akhir Oktober dan pertengahan November, Kurobe Gorge punya pemandangan daun berguguran paling oke.

Orang-orang biasanya dateng ke Kurobe Gorge buat naik kereta yang pemandangannya keren banget, namanya Kurobe Gorge Railway. Jalurnya sekitar 20 kilometer, dari Stasiun Unazuki sampe Stasiun Keyakidaira.

Perjalanan seru naik kereta ini butuh sekitar 80 menit (satu arah). Kamu bisa santai sambil nikmatin pemandangan keren di sepanjang jurang.

Pastiin banget turun di tiap stasiun sepanjang perjalanan menuju stasiun terakhir, dan jalan-jalanlah sekitarnya, ada sumber air panas, jalur hiking, dan tempat lihat pemandangan jurang yang keren banget.

Mau foto kereta yang lagi lewat Jembatan Shin-Yamabiko di atas Sungai Kurobe? Caranya, bisa ke Platform Pengamat Yamabiko atau jembatan pejalan kaki yang ada di sebelah Jembatan Yamabiko. Tinggal tunggu aja sampe keretanya lewat!

By the way, Jembatan Yamabiko ini adalah jembatan pertama yang dilintasi sama penumpang kereta Torokko pas berangkat dari Stasiun Unazuki menuju Stasiun Keyakidaira.

Kalo kamu mau pengalaman seru naik kereta di Jepang, coba deh salah satu dari perjalanan kereta pemandangan yang populer kayak Kurobe Gorge Railway ini. Cek panduan rutenya, jadwal, reservasi online, dan lain-lainnya di sini.

3. Nikko Pusat di Tochigi

Nikko itu bisa dipecah jadi dua bagian, yaitu kota Nikko (Nikko pusat), dan Okunikko. Seluruh Nikko punya banyak tempat asik buat dilihat dan aktivitas outdoor. Nah, perlu diinget, waktu musim gugur tiba, Nikko bisa jadi salah satu destinasi wisata paling rame di Jepang, lho.

Kalo rencananya mau ngeliat daun-daun musim gugur yang keren di Okunikko, termasuk di sekitar Danau Chuzenji sama jalan Irohazaka, pastiin banget dateng ke Nikko dari pertengahan Oktober sampe akhir Oktober.

Kalo di sisi lain, Situs Warisan Dunia Kuil dan Kuil Nikko itu ada di pusat Nikko, di situ pemandangannya paling oke buat daun-daun musim gugur antara awal November sampe pertengahan November.

Daerah Nikko ini terkenal banget, nggak cuma karena jadi Situs Warisan Dunia, tapi juga karena suasana asli budaya tradisional Jepang, gaya hidup, dan makanannya. Bahkan, daerah ini jadi tempat suci buat banyak pengikut agama Shinto dan Buddha.

Tempat Warisan Dunia Jepang ini punya 103 bangunan dan struktur keren. Salah satu yang paling bikin kagum adalah Kuil Toshogu, tempat makam Tokugawa Ieyasu, si pendiri Keshogunan Tokugawa yang kuat.

Kuil ini tuh dihias dengan mewah banget, pokoknya bikin mata kita melek begitu ngeliatnya. Gak bakal nyadar betapa bagusnya ukiran kayu yang dipake buat hiasan bangunannya sampe kita beneran kesana.

Terus, ada juga Pagoda lima lantai yang berdiri di pintu masuk kuil, salah satu pagoda paling terkenal di Jepang. Cantik dan unik banget, bener-bener jadi masterpiece arsitektur ala Jepang!

Struktur lain yang keren di area ini adalah Jembatan Shinkyo yang kaya foto, yang berdiri di pintu masuk ke kuil dan candi di Nikko. Pokoknya, pohon-pohon di sekitar jembatan ini puncak kecantikannya di minggu kedua November.

Kalo mau tahu tempat-tempat wajib lainnya di Nikko Pusat dan Okunikko, baca aja panduan ini. Dan buat yang mau nginap semalam di Nikko, kita punya rencana perjalanan 2 hari juga, lho!

4. Gunung Takao (Takaosan) di Tokyo

Lagi nyari tempat seru buat jalan-jalan sehari dari Tokyo? Ada banyak alasan kenapa Gunung Takao (ketinggian 599 meter di atas permukaan laut) wajib masuk daftar tempat terbaik buat jalan-jalan sehari dari Tokyo.

Kalo kamu suka hiking, pengen nikmatin pemandangan alam yang keren, dan mau eksplor kuil-kuil cantik, Gunung Takao itu tempat yang paling pas buat dikunjungi. Kalo lagi cuaca cerah, bahkan kamu bisa lihat puncak Gunung Fuji yang megah, gokil kan!

Kamu pasti bakal suka banget pengalaman di Gunung Takao, yang cuma sekitar 50 menit dari Shinjuku naik kereta. Luangkan sehari buat menjelajahi alam bebas dan seru-seruan naik gunung lewat jalur hiking yang udah ditentuin.

Dari jalur-jalur yang menuju puncak Gunung Takao, jalur nomor 1 tuh yang paling gampang dan favorit buat para pendaki. Sisanya bisa jadi tantangan lebih berat. Buat info lebih lanjut, cek aja peta dengan jalur hikingnya.

Tapi gak semua orang suka hiking, jadi apa pilihan terbaik buat nyampe ke puncak? Tenang aja, ada dua pilihan; kamu bisa naik kursi gantung atau kereta gantung. Kalo kamu takut ketinggian atau merasa nggak aman, mendingan hindari kursi gantung. Harap diinget ya, kereta gantung di Takosan ini paling curam di Jepang.

Kuil Takaosan Yakuoin itu salah satu kuil gunung yang menarik dan sakral di Jepang, di sini banyak event tradisional yang digelar sepanjang tahun.

Buat yang pengen lihat dedaunan musim gugur, dateng aja dari pertengahan November sampe awal Desember. Itu waktu yang paling oke buat nikmatin pemandangan dedaunan yang indah di sini.

5. Kuil Tofukuji di Kyoto

Tofukuji adalah kuil Buddha Zen gede banget yang ada di sebelah tenggara kota Kyoto. Didirikan tahun 1236 oleh biksu Buddha terkenal dari Jepang, Enni Ben’en, kuil ini wajib banget kamu kunjungin kalo lagi di Kyoto pertengahan November.

Karena jadi salah satu dari Lima Kuil Buddha Zen Terbesar di Kyoto, di sini gak cuma ada bangunan-bangunan bersejarah, tapi juga taman-taman yang Instagrammable banget, dan banyak pohon maple yang berubah jadi warna-warni cantik setiap musim gugur.

Enggak jauh dari Hojo, ada Jembatan Tsutenkyo di Tofukuji yang bisa jadi tempat buat lihat daun maple merah. Jembatan kayu sepanjang 100 meter ini punya pemandangan yang oke banget buat nikmatin keindahan musim gugur.

Tapi perlu diinget, tempat ini bisa rame banget pas puncak musim gugur. Jadi lebih baik hindari datang pas akhir pekan ya.

Selain itu, aku sih gak keberatan buat nyantai dan ngeliat-liat taman batu yang keren di Hojo, meskipun harus bayar tiket masuk.

Kuil ini emang terkenal banget buat ngeliat daun musim gugur di Kyoto. Jadi, tanpa ragu, tambahin aja ke rencana perjalanan kamu di Kyoto. Tempatnya beneran bagus buat menjelajahi bangunan-bangunan kuil yang keren!

Tofukuji Temple itu cuma sekitar 10 menit jalan kaki dari Stasiun Tofukuji di Jalur Nara JR.

Baca juga: Rekomendasi Itinerary Liburan di Hokkaido Bulan Desember

6. Danau Kawaguchi

Kalo tanya orang kenapa mereka ke Lake Kawaguchi, jawabannya pasti buat lihat gunung Fuji yang ikonik. Dan itu bener banget!

Mereka bakal berasa kecewa banget kalo waktu mereka kesana tiba-tiba gunung Fuji-nya gak keliatan. Makanya, kita saranin banget buat cek dulu kamera live-nya sebelum berangkat naik bus atau kereta ke Lake Kawaguchi.

Mulai dari awal sampe pertengahan November, Festival Daun Musim Gugur Fuji Kawaguchiko diadain di tepi utara Lake Kawaguchiko. Katanya, ini salah satu festival musim gugur terbaik di Jepang, setiap hari di bulan November ribuan pengunjung dateng.

Koridor daun musim gugur (Momiji Kairo) itu luar biasa banget. Lo bisa jalan-jalan di koridor ini pagi-pagi biar gak rame. Jadi, nginap semalam di hotel sini gak bakal salah pilihan.

Selain itu, lo juga bisa liat iluminasi daun musim gugur di malam hari. Pengalaman seru yang sayang banget kalo dilewatkan.

Lake Kawaguchi ini tempat yang populer banget buat nikmatin dedaunan musim gugur sambil liat gunung Fuji yang cantik di kejauhan. Waktu paling oke buat ngeliat puncak musim gugur biasanya dari pertengahan November sampe akhir November.

Walau Lake Kawaguchi bisa dijelajahi dalam sehari dari Tokyo, tapi nginap semalam di sini bener-bener direkomendasikan. Lo bisa naik kereta Fuji Excursion dari Stasiun Shinjuku, Tokyo, langsung ke Stasiun Kawaguchi. Atau, lo bisa naik bis dari jalan tol buat akses mudah dari Tokyo.

Kalo lo jalan-jalan di sekitar Lake Kawaguchi, jangan lupa cek tempat-tempat ikonik buat ngeliat gunung Fuji yang paling oke.

7. Kuil Nara Hasedera

Hasedera Temple di kota Sakurai, Prefektur Nara, ini keren banget buat dikunjungi, apalagi kalo lagi bulan November. Di bulan itu, pemandangan dedaunan paling oke ada di minggu ketiga sampe akhir November.

Kuil Buddha di lereng bukit ini emang asik buat dinikmati sepanjang tahun. Didirikan dari tahun 686 dan jadi tempat utama aliran Buzan dari Buddha Shingon.

Kuil ini juga punya julukan “Kuil Bunga” karena selain dedaunan, di sini kita bisa liat bunga sakura yang cantik di musim semi dan bunga-bunga lain kayak hortensia sama peony di musim panas.

Salah satu yang paling bikin kuil ini istimewa adalah tangga panjang yang ada (399 anak tangga), yang bakal bawa kamu ke aula utama kuil. Naik tangga ini santai aja sesuai kecepatan kamu. Meskipun harus melewatin banyak anak tangga, tapi beneran sebanding kok!

Sesampainya di atas tangga, pastiin kamu mampir ke balkon kayu/tempat pengamatannya buat nikmati pemandangan sekitarnya, termasuk pemandangan musiman, bangunan kuil, dan gunung-gunung di kejauhan.

Pemandangannya luar biasa banget di musim gugur, kalo pohon-pohon di sekitar kuil berubah jadi warna-warni orange, merah, dan kuning.

Hasedera Nara ini cuma 15 menit jalan kaki dari Stasiun Hasedera di Jalur Osaka Kintetsu. Gak perlu ragu, kuil ini cocok banget buat jadi tujuan setengah hari dari Kota Nara.

Baca juga: Itinerary Liburan Seru di Hokkaido dan Tokyo – Maret

8. Taman Kenrokuen di Kanazawa

Taman Kenrokuen di Kanazawa masuk ke dalam “tiga taman tercantik di Jepang,” bareng sama Korakuen di Okayama dan Kairakuen di Mito. Dulu, taman ini punya keluarga Maeda sebagai taman pribadi, tapi sejak tahun 1871, udah dibuka buat umum.

Jadi, perjalanan kamu di Jepang gak akan komplit kalo gak mampir ke salah satu taman tradisional tercantik kayak Kenrokuen ini. Kalo kamu pilih yang ini, berarti kamu beruntung banget.

Buat pengalaman yang beda di Jepang, cobain deh jalan-jalan di taman ini buat nikmatin pemandangan alam yang indah sepanjang tahun.

Walaupun pohon sakura lebih banyak daripada pohon maple di sini, tapi dedaunan musim gugurnya di Kenrokuen bener-bener bikin nganga. Ngerasain dedaunan musim gugur di taman Jepang kayak gini itu pengalaman yang beda banget dari pada ngeliat dedaunan di gunung.

Biasanya, dedaunan mulai berubah warna di bulan Oktober, puncaknya sekitar pertengahan November sampe awal Desember. Kalo bisa, dateng aja ke taman ini buat ngeliat bunga sakura mekar lebat di bulan April.

Kalo kamu tertarik belajar tentang unsur-unsur taman tradisional Jepang, mampir ke taman ini pasti bakal ngebantu kamu ngertiin semuanya.

Lo bisa naik Kanazawa Loop Bus buat ke Kenrokuen dari Stasiun Kanazawa (sekitar 20 menit aja).

9. Arashiyama di Kyoto

Kalo lagi cari spot keren buat ngeliat dedaunan musim gugur di Kyoto, Arashiyama wajib masuk dalam list kamu. Cocok banget buat jalan-jalan sehari dari kota Kyoto.

Di Arashiyama, banyak banget tempat asik buat ngeliat dedaunan musim gugur. Semuanya layak dikunjungin! Selain jalan-jalan di Arashiyama Bamboo Grove yang terkenal itu, pastiin juga mampir ke Tenryuji Temple, yang udah jadi UNESCO World Heritage Site.

Tenryuji punya taman yang cakep banget, apalagi pas musim gugur dengan dedaunan yang merah-merona. Terus, ada lagi tempat yang cantik banget dan sepi, yaitu Jajakkoji Temple, di mana lo bisa nyantai berjam-jam sambil nikmatin dedaunan maple merah.

Hogon-in juga nggak kalah keren buat lihat dedaunan musim gugur di Arashiyama. Ini sub-kuil dari Tenryuji Temple yang dibangun tahun 1461 oleh Yoriyuki Hosokawa.

Baca juga: Sapporo Snow Festival (Yuki Matsuri) 2024

Jembatan Togetsukyo adalah spot ikonik di Arashiyama di mana kamu bisa lihat pemandangan keren banget dengan dedaunan musim gugur, gunung, dan sungai.

Kalo lagi di Arashiyama, cobain naik kereta wisata, namanya Sagano Romantic Train, yang jalan di sepanjang Sungai Hozu. Perjalanan ini beneran bakal ngasih kamu pemandangan desa yang indah, termasuk dedaunan musim gugur yang cantik banget yang pernah kamu lihat di Jepang.

Ada rencana satu hari di Arashiyama yang bisa bantu kamu tau tempat-tempat terbaik buat dikunjungi di kota ini pas musim gugur. Baca dulu sebelum kamu jalan-jalan ke Arashiyama.

Waktu terbaik buat nikmatin pemandangan keren di Arashiyama biasanya mulai pertengahan November sampe awal Desember.

10. Kuil Kiyomizudera di Kyoto

Dibangun tahun 778, Kiyomizudera adalah Situs Warisan Dunia di Kyoto yang terkenal banget. Lokasinya di daerah Higashiyama timur. Kenapa terkenal? Karena punya teras kayu gede dan salah satu tempat paling keren buat lihat dedaunan musim gugur di Kyoto.

Kuil Buddha ini emang jadi tempat hits buat dikunjungi di Kyoto, terutama di musim semi dan musim gugur. Setiap tahun, mulai pertengahan November sampe akhir November, banyak banget turis yang dateng ke tempat keren ini buat ngeliat dedaunan musim gugur yang luar biasa.

Terus, teras gede yang ada di sini tujuannya buat ngeliat pemandangan indah sepanjang tahun dan pemandangan luasnya Kyoto. Di bulan November, khususnya saat musim dedaunan musim gugur, kamu bisa liat pencahayaan malam yang spektakuler banget. Pemandangan malemnya beneran bikin kamu nganga.

Selain itu, pastiin kamu mampir juga ke Aula Utama, Menara Lonceng, Pagoda Tiga Lantai, Air Terjun Otawa, dan kuilnya, yang namanya Jishu Shrine, yang ada di belakang aula utama.

Kalo mau kesini dari Stasiun JR Kyoto, tinggal naik bis kota (nomor 100 atau 206). Turun aja di halte bis Gojo-zaka atau Kiyomizu-michi, terus jalan kaki sekitar 10 menit.

Jadi, bulan November emang waktu yang asik buat jalan-jalan dan nikmatin dedaunan musim gugur di Jepang, dan tempat-tempat kayak Shirakawago, Kurobe Gorge, Nikko, dan lain-lain itu pilihan yang oke banget. Dari desa bersejarah di pegunungan sampe taman tradisional yang cantik, Jepang punya banyak banget pengalaman musim gugur yang bikin kamu nggak bakal lupa. Jadi, kalo kamu lagi rencana buat liburan ke Jepang bulan November, pastiin deh masukin salah satu dari tempat-tempat keren ini dalam itinerary mu. Nomongin soal itinerary tokyotravel.co.id bisa bantu kalian dengan paket open trip ke Jepang kami dan juga ada fitur custom itinerary juga loh .Dengan dedaunan yang berubah jadi warna oranye, merah, dan kuning yang bikin mata nggak bisa berhenti memandang, perjalanan kamu bakal penuh dengan pemandangan alam yang bikin nganga dan kenangan seru yang nggak bakal terlupakan.

Paket Open Trip ke Jepang

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *